Saturday, July 28, 2007

KRLMania Jalan – Jalan

KRLMania Jalan – Jalan

Untuk memburu foto – foto seputar dunia per-Kereta Rel Listrik-an, beberapa anggota komunitas KRLMania sepakat untuk melakukan perjalanan kecil ke beberapa stasiun yang terletak di lintasan Kota – Jatinegara via Ps. Senen. Perjalanan kami mulai dari rumah masing – masing menuju titik kumpul di Stasiun Jakarta Kota. Peserta hunting foto kali ini adalah Om Bayu dan Om Erwin, roker Bojonggede, Om Anthony, roker Tangerang, Om Cahyo dan jagoan ciliknya, Irfan, roker Pondok Cina.

Perjalanan kami mulai dengan menumpang dengan karcis dan abunemen yang biasa kami pakai, karena Abunemen dan Karcis kami tertera : JAKARTA, dan batas Jakarta untuk lintasan Bekasi adalah sta Klender, demikian menurut Om Anthony. KRL Ekonomi berangkat tepat pukul 10.45 menuju stasiun Kramat (karena KRL Eko Jak - Bekasi sedang ada gangguan kita putuskan untuk menuju selatan dulu baru kembali ke utara). Beberapa meter selepas stasiun Kota sudah disuguhi pemnadangan unik berupa perkampungan yang padat. Sesampai di Sta Kp. Bandan kami juga cukup terhibur dengan bentuknya yang mengingatkan pada stasiun – stasiun di Jepang yang cukup rapi. Stasiun berikutnya ada Stasiun Rajawali yang unik, kemudian Stasiun Kemayoran yang cukup megah, lalu stasiun Pasar Senen yang ramai, Stasiun Kecil (pos perhentian) Gang Sentiong yang antik sampai Stasiun Kramat yang mulai berbenah.
Sesaat kami memburu foto2 di stasiun Kramat, ada pemandangan lain, Stasiun yang dulu peronnya masih rendah, sekarang sudah dimodifikasi tingginya biar selevel dengan bordes gerbong. Cuma sayangya panjang peron sama rangkaian 1 : 2 nih. Sehingga tim KRLMania harus loncat dari gerbong 5 ke tanah karena ga kebagian peron, termasuk si kecil Irfan. Karena waktu yang belum menunjukkan jam makan siang, plus menu yang kurang cocok untuk kesehatan, acara wisata kuliner ke Soto Kaki Mencos, sepakat dibatalkan.
Setelah puas mengambil beberapa foto kamipun menaiki KRL Ekonomi dari arah Bekasi dan turun di stasiun Gang Sentiong, sama saat kita landing di Sta siun Kramat, di sini kita juga harus loncat bak Spiderman mendarat di peron. Yang parahnya peron disini memang rendah dari ujung ke ujung. Di stasiun ini selain peron yang belum standar juga kita temukan lonceng antik yang sekarang sudah berganti dengan alarm penunjuk kereta akan lewat. Alarm antik ini masih bisa kita temui di stasiun – stasiun di lintasan rel Pantura mulai dari Cirebon sampai Surabaya.
Karena kebetulan perjalanan ini kami lakukan di penghujung waktu liburan sekolah, maka dengan terpaksa kami tidak menghampiri Stasiun Pasar Senen karena kepadatan pemudik dan arus balik yang cukup tinggi.
Hari mulai terik saat kami mengambil foto – foto di stasiun Kemayoran. Stasiun yang cukup megah dengan 4 jalur ini sudah memiliki peron yang standar. Kalau dilihat sekilas lebar peron hampir sama dengan peron Sta Citayam, cuma kok tidak seriuh Stasiun Citayam. Musholla stasiun ini pun terbilang cukup bersih dan rapi.
Selepas dari stasiun Kemayoran kamipun sampai di stasiun Rajawali. Stasiun ini memiliki persimpangan 4 jalur, 2 jalur arah Kota - Jatinegara, 2 jalur lagi arah Tg. Priok - Jatinegara. Stasiun yang hanya mempunyai shelter berukuran 3 x 4 meter di jalur ke arah Kota dan shleter 2 x 10 meter di jalur ke arah Bekasi inipun belum memiliki tinggi dan panjang peron yang standar Karena ada gangguan perjalanan KRL Ekonomi Jak - Bekasi jadi berantakan sehingga menyebabkan kami cukup lama menunggu rangkaian ke arah Jakarta, diumumkan kereta masih dalam perjalanan dari Cakung menuju Bekasi terlebih dahulu.
Perjalanan trekking dan hunting stasiun kecil lintas kota - jatinegara kami akhiri dengan ditemani beberapa piring nasi goreng dan beberapa mangkok soto di kedai Stasiun Kota tepat pukul 14.00.
Semua perjalanan tadi, kami lalui dengan menumpang KRL Ekonomi Jakarta - Bekasi yang tersedia hanya 4 rangkaian ulang - alik dan bekal karcis / abonemen klas ekonomi. Ternyata gangguan yang terjadi pada pagi hari disebabkan pula adanya kasus anak kecil tersengat listrik di atap gerbong KRL di daerah antara stasiun Klender - Jatinegara.

by the way, siapa sih KRLMania ? Klik aja link dibawah ini :
http://community.kompas.com/index.php?fuseaction=home.detail&id=18249&section=94
atau
http://www.krlmania.com

ciao

(epf/nc/by/ant)

No comments: