Wednesday, April 25, 2007

Kerajaan Muaraberes

Waksss... sempet baca di i-net, bahwa ternyata daerah Muaraberes yang termasuk keluarahan Karadenan, kelurahan tempat tinggal gw, dulunya bekas situs kerajaan kecil, Kerajaan Muara Beres dengan pusat pemerintahan di Kawung (sekaranag Kaum) Pandak sekitar 1.5 km dari rumah gw. Weitss... Kerajaan ini berada dibawah perintah Prabu Siliwangi, Raja Padjadjaran. Dan konon katanya di Bojong gede terdapat makam Ratu Anti atau Ratu Siti Maemaunah, pahlawan wanita dari Bojonggede.

Wah seru juga nih baca sejarah daerah gw sekarang. Lengkapnya ada di sini nih... http://www.depdagri.go.id/konten.php?nama=Daerah&op=detail_kabupaten&id=161&dt=
sejarah&nama_kab=Kota%20Depok

Jangan lupa baca juga link ini...
http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2005/0905/13/0802.htm. Buar semua pembaca yang kebetulan belum tahu sejarah daerah tempat tinggalnya, ayo cari TAUUU...

17 comments:

indra said...

Om Erwin...
Kapan kita sama2 telusurin sejarah Bojonggede ya Om...
secara ngobrol saya dengan sesepuh di Bojonggede..Makam Ratu Anti ato Ratu Maemunah, Ratu Aisyah dan Ratu Hayati itu berada di kampung dkt KedungJiwa (wesel arah Bogor).Makamnya nggak mau di pakein keramik ato marmer..tetep sampe sekarang batu2. Trus yg saya bilang dkt tempat Om itu sampe sekarang banyak orang masih cari harta karun namanya Kedung Bokor, tapi kagak ada yang bisa dapet karena belum jodohnya.

erwin_pf said...

weiiitsss. tengkyu om indra...

majalah basa sunda balébat said...

maaf,sy baca artikel ttg kerajaan muaraberes, ane jd tertarik, ane dari komunitas napaktilas peninggalan budaya, ane pengen tau keberadaan situs muaraberes apakah masih ada sisa sisanya, sama pengen tau makamnya Ratu Aisyah dan Ratu Hayati itu, buat belajar sejarah gan, kalau ada info sejarah cilebut atau bojonggede lainyya kontak ane gan di hadeesign[at]yahoo dot com

Cowo-cewe.janda-duda.gadis-bujangan said...

geubleug aja,,,

Unknown said...

Iya itu saya tau, dan ada sejarah lagi di bojong gede, dulu ada gedong belanda sayangnya udah di ancurin, letaknya di kp gedong lapangan siaga kampungan saya .

Unknown said...

Untuk tambahan nih gan, ternyata sejarah bojong gede itu ada hubungannya sama SUNAN KALI JAGA,
untuk petilasan istri dari SUNAN KALI JAGA jaga tersebut berada di desa kedung waringin gan, terimakasih.

#Mohon maaf jika info yang di berikan ada kekeliruan, itu hanya sebuah cerita yang pernah saya dengar dan tahu

Unknown said...

Kalo dari cerita nenek gue, ratu antik (baca: ratu anti) itu dulu perjuangannya sekitaran daerah Kedung jiwa, Waringin sama daerah sebrang kali baru, klo disebrangnya lagi itu yang perjuangin sesepuh kampung masjid, Raden Haji Panji Natakusuma yang sekarang namanya abadi jadi nama jalan di kampung masjid, makamnya ada dikompleks masjid anNUr.
Selain ratu antik, RH Panji, ada lagi yang disebut nenek gue "pak tua tempang". Dya temen berjuangnya ratu antik, sayang nenek gue udah meninggal, padahal dya tau banyak sejarah bojonggede, dari lokasi menhir gagang golok sampe bekas " batu tapak" di sekitar kompleks pemakaman batu tapak. Kayanya itu benda benda sejarahnya bojonggede, selain makam-makam. Oya nenek gue pernah cerita perihal Kedung cibabi, gue rasa disana banyak peninggalan sejarahnya juga klo ditelusuri.

Unknown said...

Di wilayah bogor,bojong,cilebut,bojong,citayem,cipayung sampai depok itu banyak makam2 kramat pejuang keturunan sultan maulana hasanuddin banten

Diantara makam2 yg sudah saya datangin di antara nya,
makam kumpi bubar / tubagus mahmud

Makam Syeikh nandang / tubagus abdul karim ( kramat sawangan )
Makam Kumpi maridin kampung benda, cipayung depok
Makam tubagus bonang / kumpi fatwa rohabin dan masih banyak lagi yg tidak bs saya sebutkan 1 / 1.

Bagi yg ingin mengetahui lebih lanjut silahkan tinggal kan nomer hp kalian

Unknown said...

Assalamualaikum om,perkenalkan saya sandy,saya ingin menanyakan makam subagus mahmud,mohon arahannya 0895353363884

Unknown said...

Sma nic pngen tanya2 sejara raden panji

Bram Suahidan Al-Jawi said...

08999222253 info nya dong mengenai makam di depok cipayung n citayam

Bram Suahidan Al-Jawi said...

keramat wa bubar itu di sasak panjang.... apa ia nma askinya tubagus mahmud?....infoin ke no 08999222253

Unknown said...

Mau tanya nama istrinya yg di Kedung Waringin siapa y?

Unknown said...

Halo kak, apa saya boleh menghubungi kakak, saya ingin menanyakan perihal makam Ratu antik yg kakak tau untuk menjadikan sumber lisan.

Unknown said...

Mohon bantuan ya kak untuk tugas, jika anda berkenan tolong hubungi saya lewat email saya amaliatari6@gmail.com

Unknown said...

Saya juga mau tau sejarah keluarga saya di Bojong gede dalem keluarga almarhum wan haji Muhamad mau tau nasabnyaaa

erwin_pf said...

Maaf baru response, silakan email ke erwinpf@gmail.com